Pages

Selasa, 27 Mei 2014

Kelompok 32 : The Cashflow Quadrant

oleh


Rizki Safari --> 3101-1101-1866
Raudhatul Jannah --> 3101-1101-1868




The Cashflow Quadrant adalah tentang empat jenis hal berbeda yang ada dalam dunia kerja dan bisnis yang dibagi menjadi 2 kuadran, yaitu kuadran kanan dan kuadran kiri.








  •   Kuadran kiri disebut juga dengan zona aman yang terdiri dari employee dan self-employee, kenapa?

karena selama kita masih bekerja kita akan tetap mendapatkan penghasilan atau active income, dan kalau tidak bekerja lagi maka kita tidak akan mendapatkan penghasilan. Kuadran ini disebut juga paradigma umum atau pola piker 90% manusia pada umumnya :


Kerja --> Penghasilan --> Rencana Masa Depan

Kalau suatu saat tidak bisa bekerja lagi, entah itu faktor usia, sakit, dan lain sebagainya otomatis penghasilan pun menjadi tidak ada dan rencana masa depan pun menjadi sebuah tanda tanya besar.


  • Kuadran kanan disebut juga dengan zona bebas yang terdiri dari business owner dan investor, kenapa?

karena kalau kita membangun aset dan nantinya tidak bekerja lagi, kita akan tetap mendapatkan penghasilan dari aset yang kita miliki dan ini disebut pasive income. Kuadran ini disebut juga paradigma sukses, karena hanya 10% manusia saja yang berpikiran untuk membangun asset :


Kerja --> Aset --> Penghasilan --> Rencana Masa Depan

Disini pada dasarnya sama diawali dengan bekerja juga, tapi kerjanya sambil membangun aset. Aset merupakan sesuatu hal yang menguntungkan dan bisa memberikan penghasilan pasif jika sudah jadi. Maka dari itu ketika kita sudah tidak bisa bekerja tapi asetnya sudah jadi, maka penghasilan akan terus mengalir.

Anda akan di bantu menentukan di mana posisi anda sekarang dan di bantu memetakan arah ketika anda memilih jalan anda sendiri untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan mengetahui ciri berbeda pada masing – masing kuadran, anda memiliki gambaran yang lebih jelas tentang kuadran mana yang mungkin paling cocok untuk anda.

Di the cashflow quadrant, penulis selalu menekankan pentingnya kecerdasan finansial. Jika ingin beroperasi di sisi kanan kuadran, seseorang harus lebih pandai daripada jika memilih diam di sisi kiri.
Kita berada di fajar Era Informasi dan di abad ini akan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan finansial daripada sebelumnya. Dan cashflow quadrant memberikan 3 solusi agar anda yang sekarang masih berada di quadran kiri, juga bisa berpindah ke kuadran kanan.



     1. Solusi yang pertama adalah melalui perusahaan konvensional

Bisnis ini merupakan bisnis bersistem yang modalnya pun sangat besar untuk membangun sebuah perusahaan ini yang pastinya butuh keahlian khusus juga, misal PT. Adaro, PT. Indofood, dll. Untuk mendirikan perusahaan tersebut pastinya sangat tidak cukup modal 500 Milyar – 1 Triliun, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk dikerjakan oleh orang-orang dari golongan menengah ke bawah.


      2.   Solusi yang kedua adalah melalui bisnis franchise


Bisnis ini adalah bisnis membangun cabang sebuah usaha yang telah ada yang disebut juga bisnis waralaba, misal KFC. Cukup membeli lisensinya saja kita sudah bisa mendapatkan izin usaha dan resep masakannya, tapi lagi-lagi cara yang kedua ini juga tidak mungkin dikerjakan oleh orang-orang dari golongan menengah ke bawah. Namun berbeda dengan bisnis konvensional, bisnis ini tidak memerlukan keahlian khusus.



     3. Solusi yang ketiga adalah melalui personal franchise / network marketing

Karena 2 solusi diatas sangat tidak mungkin dikerjakan oleh orang-orang dari golongan menengah ke bawah, maka solusi ketiga inilah yang menjadi acuan semua orang dari berbagai latar belakang. Karena selain modalnya relative kecil, sistemnya pun juga telah disediakan. Bisnis pemasaran jaringan menjadi cara yang sedang ramai dikerjakan banyak orang saat ini, bisnis ini juga bisa kita sebut MLM (Multilevel Marketing). Asal mau serius mengerjakannya, siapa pun bisa sukses melalui usaha ini. Namun anda perlu berhati-hati saat memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, karena ada banyak sekali bisnis Money Game yang menyebut bisnis mereka bisnis MLM dan menipu para membernya.

silahkan download materi :
File Word
File Powerpoint
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam