Pages

Selasa, 20 Mei 2014

Tips Cara Merawat Printer Berjenis Inkjet






Printer adalah sebuah hardware yang penting untuk anda gunakan. Dengan adanya printer maka anda dapat mencetak dokumen yang telah anda buat, demikian pula dengan foto – foto indah anda pada momen tertentu. Hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna printer adalah mudahnya mengalami kerusakan serta mahalnya biaya perbaikannya. Selain itu printer bekas juga tidak akan laku untuk dijual lagi.
Nah agar anda tidak mengalami hal demikian langkah tepat yang anda lakukan adalah dengan merawat printer anda agar awet dan tahan lama.:
Printer adalah suatu alat yang terhubung ke perangkat komputer dan mencetak hasil kerja komputer baik berupa teks, gambar ke media kertas atau sejenisnya. Proses tersebut diperintahkan oleh komputer dan dikeluarkan melalui paralel port untuk melaksanakan tugasnya yaitu mencetak.
Banyak sekali jenis-jenis printer yang sudah beredar di pasaran, ada yang bekerja berdasarkan sistem pantekan (dot matrix ) ada pula yang bekerja berdasarkan semprotan tinta (ink). Untuk lebih spesifik saya akan jelaskan jenis-jenis printer di bawah ini :

1. Printer dot matrix
Printer kategori ini menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada bidang kertas berupa titik titik kecil yang merangkai menjadi karakter. Oleh sebab itu hasil cetakan printer ini terlihat kasar dan kurang bagus. Printer ini hanya menghasilkan warna tunggal sesuai dengan warna dari pita yang dipasangkan, biasanya warna merah atau hitam. Kecepatan jenis printer ini sekitar 500 cps (character per second).
2.Printer InkJet
Printer jenis ini sudah menggunakan media tinta yang telah terisi pada suatu media penyimpanan dan siap menyemprotkan titik-titik dengan warna-warna kombinasi yang diperintahkan oleh komputer. Karena menggunakan sistem semprotan maka hasil yang didapatkan lebih baik kualitasnya daripada dot matrix karena resolusi jenis printer hingga mencapai 5760 x 1440 dpi. Tinta yang disemprotkan dapat dengan cepat mengering dalam hitungan detik.
3. Printer Laser
Sesuai dengan namanya laser, jenis printer ini sangat bagus kualitas cetakannya dibanding kedua jenis di atas. Sistem pencetakannya menggunakan infra merah melalui toner. Karena sistem yang mirip dengan fotocopy, maka hasil yang didapatkan jauh lebih bagus dan berkecepatan tinggi.
4. Printer thermal
Tehnik yang digunakan printer ini adalah mengeluarkan panas untuk setiap pin pada head print yang akan mencairkan lilin dan melekatkan pada kertas yang khusus. Prinsip kerja printer ini mirip dengan printer dot matrix hanya saja printer thermal menggunakan panas pada pin nya.
5. Plotter
Jenis printer ini keakuratan pencetakan sangatlah dapat diandalkan  biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar berukuran besar.
Kelalaian dalam merawat printer inkjet kita dapat menyebabkan kerusakan pada head printer secara temporary maupun secara permanen.
 Berikut beberapa tips dan trick dalam merawat printer inkjet anda :
1. Selalu gunakan printer secara periodik (sesering mungkin minimal 2 kali seminggu), jangan biarkan printer anda menganggur terlalu lama, karena tinta yang terdapat pada nozzle head bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta
2. Gunakan fasilitas Clean Head (Software yang disertakan bersama Printer) untuk melakukan pembersihan Nozle Head secara teratur (periodik).
3. Bersihkan beberapa bagian printer secara berkala dari debu dan kotoran, jangan biarkan ada benda-benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer
4. Jangan mencabut kabel printer saat mematikan printer, tetapi gunakan tombol on/off sehingga saat dimatikan, head printer akan kembali ke kedudukannya sehingga tinta tidak mudah mengering
5. Saat mencetak pastikan kertasnya tidak berlipat-lipat melainkan gunakan kertas yang masih halus, sebab jika tersangkut dapat merusak roller pada printer
6. Jangan menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari anda, karena listrik statis pada tubuh terkadang dapat merusak komponen, apabila terpaksa membersikan gunakan kertas tissue dengan kualitas baik, karena kertas tissue dengan kualitas jelek justru akan meninggalkan partikel kertas dan berpotensi menyumbat nozle head.
7. Jika menggunakan tinta refill pastikan menggunakan refill kualitas baik, jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada cartrdige dan dapat merembet pada motherboard printer.
8. Jangan membiarkan printer anda kosong tanpa cartridge dalam jangka waktu yang lama, sebab dapat menyebabkan print head menjadi kering.
9. Perhatikan wastepad (buangan tinta) printer anda, ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meleber di dalam printer.
10. Jangan pernah membuka cassing printer, karena komponen printer hanya bisa di service oleh orang yang benar-benar sudah memahami.
Khusus utuk printer inkjet yang memakai infus 
§  Pada saat akan menggunakan printer, sebaiknya tutup botol kecil pada tabung infus haruslah dibuka dengan tujuan agar udara bisa masuk sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar.
§  Pada saat printer tidak dipergunakan, sebaiknya tutuplah dengan rapat lubang  botol kecil dan lubang botol besar pada tabung infus , hal ini untuk menghindari tinta banjir.
§  Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama karena setiap merk tinta memiliki karakteristik yang berbeda - beda serta komposisi bahan kimia yang berbeda pula. apabila sering gonta-ganti merk tinta resikonya catridge mampet dan lama kelamaan akan rusak.
§  Gunakanlah Printer setiap hari, minimal 1 lembar untuk mencegah catridge head printer mampet.

Download Filenya disini PPT dan Doc
  

2 komentar:

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam