Pages

Rabu, 21 Mei 2014

Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Perkuliahan Berlangsung





Entah karena begadang akibat belajar (?), dosen yang membosankan dalam menyampaikan materi, mata kuliah yang tidak disukai, atau karena suasana kelas yang sudah siang membuat banyak (maha)siswa sering diterpa rasa kantuk dalam kelas. 

Ya, memang rasa kantuk bagi saya adalah sebuah kenikmatan tersendiri, karena tubuh yang sudah kelelahan menghadapi seabrek kegiatan membutuhkan istirahat. Namun, kalau kantuk itu datang didalam kelas saat perkuliahan berlangsungjustru akan membawa masalah, entah ketinggalan materi, dimarahin dosen ataupun yang memalukan lagi adalah ditertawakan oleh teman-teman kalau-kalau kita tertidur sambil membuat “peta”. Hehehe

Nah, lalu bagaimana cara menghilangkan kantuk saat didalam kelas? Kali ini saya akan berbagi tips-tips yang saya dapat bagaimana cara mencegah rasa kantuk dalam kelas, semoga tips-tips berikut ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan juga saya sendiri yang masih suka merasakan kantuk yang amat ketika kuliah berlangsung.

1. Jangan Begadang!
Kalau tidak ada keperluan yang penting atau bahkan hanya sekedar menonton pertandingan bola, lebih baik kita lekas tidur. Karena tubuh kita sudah sangat lelah menjalani aktifitas seharian, dan belum lagi aktivitas esok yang telah menanti. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar keesokan harinya tubuh kita sudah siap menjalani seabrek aktivitas yang telah menanti.


2. Membuat Catatan
Tak jarang dosen dalam memberikan kuliah tidak menyertakan mahasiswanya untuk aktif dalam kuliahnya. Dosen hanya menjelaskan hal-hal yang terdapat dalam slide dan mahasiswa hanya mendengarkan. Hal tersebut jelas akan membuat mahasiswa mudah mengantuk dalam kelas. Kegiatan yang dapat dilakukan ketika kejadian itu terjadi adalah dengan membuat catatan. Catatan yang dimaksud disini bukan curhatan atau menulis buku diary ya, yang dimaksud adalah mencatat hal-hal penting yang dosen jelaskan. Selain dapat mencegah kantuk, membuat catatan juga dapat membuat kita lebih memahami apa yang dosen jelaskan.

3. Jadilah Mahasiswa Yang Aktif Didalam Kelas
Ketika dosen sedang menerangkan suatu materi, jadilah mahasiswa yang aktiv di dalam kelas. Jangan malu-malu untuk bertanya kepada dosen jika ada materi yang tidak kita mengerti. Atau ketika dosen menawarkan mahasiswa untuk maju kedepan menjawab soal, maka jangan ragu-ragu untuk maju kedepan. Hal ini juga dapat membuat kita tidak mudah ngantuk saat kuliah berlangsung.

4. Sarapan Pagi
Sarapan pagi menjadi hal yang sangat penting yang harus kita lakukan setiap hari, karena sarapan pagi dapat memenuhi energy yang akan kita butuhkan pada waktu kita beraktifitas. Selain itu, sarapan juga dapat membuat kita terhindar dari rasa kantuk ketika di dalam kelas. Tetapi, jangan terlalu kenyang ketika sarapan, hal ini justru akan membuat kita semakin mengantuk.

5. Membawa Makanan Kedalam Kelas
Walaupun hal ini dapat mengundang teguran dari dosen, tetapi dengan membawa makanan kedalam kelas ternyata juga dapat mengurangi rasa kantuk. Karena ketika kita makan sesuatu, secara langsung rasa kantuk itu pasti akan hilang. Tapi harus diperhatikan kalau makan jangan sampai mengganggu teman lain yang sedang belajar. Dan juga hindari makan-makanan yang manis, karena bukannya mengurangi rasa kantuk, justru makan makanan yang manis dapat membuat kita semakin mengantuk ketika dikelas.

6. Banyak-banyaklah minum air putih
Dengan banyak minum air putih, kebutuhan tubuh serta otak akan oksigen (O2) akan tercukupi. Dengan hal itu secara langsung kita tidak akan mudah terserang kantuk di dalam kelas.

7. Mencuci Muka
Kalau dengan membuat catatan atau makan tak kunjung mengusir rasa kantuk, maka minta izinlah kedosen untuk pergi ke kamar mandi dan cucilah muka anda. Ini akan membuat kita kembali segar dan siap mengikuti mata kuliah dengan lebih semangat pastinya. Hehe

8. Motivasi Diri
Hal-hal diatas sebenarnya tak perlu untuk kita lakukan jika didalam diri kita telah ada motivasi yang kuat untuk menimba ilmu di perkuliahan. Karena, alam bawah sadar kita dapat mengontrol diri kita. Jadi ketika alam bawah sadar kita sudah memiliki tekad yang kuat untuk menimba ilmu, maka hal itu akan mensugesti diri kita untuk tetap berkonsentrasi dalam mengikuti mata kuliah dan terhindar dari rasa kantuk.


Oke guys, itu adalah beberapa tips-tips sederhana yang dapat kita lakukan agar tidak mengantuk saat kuliah berlangsung. Rasanya sayang sekali disaat begitu banyak orang yang sangat memimpikan indahnya kuliah terbentur dengan keadaan ekonomi yang sempit, kita malah mengantuk dan membiarkan ilmu itu lewat didepan kita tanpa kita tangkap dan serap.


Kelompok Maju Ke-2
Nama : Khainanta Isriandy
Nim   : 310111011746

Download Filenya Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam