Pages

Selasa, 27 Mei 2014

Tips Merawat Kamera Digital Kel 24


TeknikPersentasiKelompok 24
Nama:           AndrieYunistyaPratama (3101 1101 1790)
                        Muhammad Wahyudi (3101 1101 1925)
                  
Tips MerawatKamera Digital
Kamera digital sepertihalnyabarangelektronikkonsumenlainnya, membutuhkanperawatanekstra.Merekamemilikikomponensensitif yang mudahrusakkalaukitacerobohmemegangnya.Berikutbeberapahalpraktis agar kameradanlensaandalebihawet:
  1. Hindarkan Dari Air
Kecualikalaukameraataulensaandajelas-jelasdinyatakan waterproof atauweather sealed,(Maksuudnyakameraygbisa di pakai di dalam air)
jauhkanmerekadari air danbasah. Air bisamenimbulkankelembabandidalam internal kameradanbisamembuatkomponen internal rusak.Kandungangaramdilautbersifatkorosifbagikomponenlogam yang ada di dalamkameramaupunlensasehinggaberpotensimenghasilkan karat.Setelahmemotret di dekatlaut, bersihkankameradengan lap yang sedikitdibasahiuntukmenghilangkansisagaram yang menempel di kamera, sedikitsajajanganterlalubanyak.Setelahitu lap lagidengan lap hinggabenar-benarkering.(lap yg di gunakanjugajngn lap sembarangan, harusmenggunakan lap khususuntukmembersihkanlennsa)

  1. Jagakebersihanlensa.
Lensamenjadisalahsatuperangkat yang harusdiperhatikanperawatannya.Lensasebaiknyajanganterlaluseringdibersihkan, bersihkanlahseperlunyasaja.Gunakankain yang memangkhususuntuklensa, jangangunakan tissue ataukainkaossembaranganSaatmembersihkanlensa, janganlangsungsemprotkancairanpembersihkelensa, semprotkanduluke lap microfiber sedikitsajalalubaruusapkan lap microfiber tersebutkelensa.



  1. Matikankamera
Sebelummengeluarkanbatereatau memory card dansaatandamencolokkankekomputer, kameramemilikikomputerdidalamnyadanbisajaditidaktahanterhadapperubahanaruslistriksecaramendadak.

  1. Hindarimeninggalkankameradidalammobil
Hindarimeninggalkankameradidalammobildalamwaktu yang lama apalagijikamobilnyaterkenapanasmataharilangsung.Kameramemilikirentangsuhuamandanakumulasipanasdidalammobilberesiko karet2 padalensaakanmenjadikeraskalauterlalu lama kenasinarmatahari. 



  1. Periksaadatidaknyadebu di sensor kameraanda. Biasanyadebumasukkedalamlensaitusaatmencopotdanmemasanglensa.kalaumemangterdeteksiada, gunakan blowerbloweruntukmembersihkan.

Gambar Blower
 













Cara membersihkandebumenggunakan Blower


6.    PerhatikanTempatPenyimpanan
Tempatpenyimpanankameraadalahhalpentinglainnya yang harusdiperhatikan.Simpanlah di tempat yang tertutup yang meminimalisasimasuknyadebukekamera.Namunperhatikanjugauntuktidakmenaruhkameradalamtempatsepertilemaribajuuntukmenghindarijamur yang bisamenempelpadalensakamera digital anda.Selainitu, kapurbarusjugaternyatatidakbaikjikadiletakkandengankameraanda.Kapurbarus yang menguapdapatmerusak chip- chip yang beradadalamkamera digital.

  1. SimpanDitempat Yang Kering
Simpankamera di tempat yang keringdantidakterkenacahayamataharilangsung.Minimalkankontaksinarmataharilangsungdengankameraanda.Beberapatipekameraada yang sensitive dengansinarmataharilangsung.Sinarmataharijugadapatmerusakbeberapabagiankamera yang etrbuatdari plastic dankomponenelektroniklainnya

8.    Merawatbaterai.
Bateraiberfungsisebagaisumberdayauntukmenghidupkankamera, perawatan yang baikdapatmemperpanjangusiapemakaianbateraikamera. Berikutbeberapahal yang perludiperhatikan:
a.Janganmembiarkanbateraiterpaparsuhuekstrimdiatas 43 C. Hal inidapatmenimbulkankerusakanpermanenpadabaterai. Letakkanbateraipadatempat yang sejukdankering.
b.Janganmenchargebateraisecaraberlebihan, jika charger telahmenunjukkanbateraiterisipenuhsegeracabut.
c. Charge bateraisebelumatausesudahpenyimpanandalamjangkawaktu lama. Dipakaiataupuntidakdipakaibateraiakanmengalami proses pelemahan, agar tetapawetmakabateraiperludiisikembali.

d.Lepaskanbateraidarikamerajikatidaksedangmempergunakannyadalamjangkawaktu lama.
e.Janganmencampurpenggunaanbaterai lama danbaru, termasukmempergunakanbateraidenganmerek yang berbeda-beda.

Beberapacara lain tentangcaramerawatkamera digital denganbaikdanbenar yaitu:
1.    Ketikaandaakanmenggunakankamera digital andasebaiknyabersihkandulutangananda.
2.    Untukmenjagakeawetanbateraidankamera, sebaiknyaandamematikankameraandasecara manual danmeminimalisasimematikankamerasecaraotomatis.
3.    Gunakanlahtaskhususuntukkamera digital bilaandaakanbepergian agar kameraandadapatterjagadarigoncangandanbenturan.
4.    Usahakanuntukmelakukanservis yang berkala yang meliputisemuaperangkatluardandalamkamera



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam