oleh
INDAH
PERMATA AJI 3101 1101 1873
NUR HALIMAH 3101
1101 1750
A.
Pengertian Otak
Otak adalah organ badan yang paling utama yang penempatannya di
dalam tengkorak. Berdasarkan
letaknya secara simetris, otak dibagi menjadi otak kanan (hemisfer kanan) dan
otak kiri (hemisfer kiri).
Ø Fungsi Otak Kanan
Otak kanan
adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal).
Fungsi otak kanan adalah sebagai berikut: Perkembangan emosi
(emotional quotient (EQ), Hubungan antar manusia (sosialisasi), Fungsi Komunikasi (perkembangan bahasa non
verbal), Perkembangan intuitif Seni
(menari, melukis, menyanyi dan lain-lain), Mengandalikan ekspresi manusia, Pusat khayalan dan kreativitas, Berpikir
lateral dan tidak terstruktur, Tidak memikirkan
hal-hal secara detail, Cara kerjanya long term memory (memory jangka panjang), Lebih ahli dalam menentukan ruang/tempat dan
warna, Bila terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area
kemampuan visual dan emosi
Ø
Fungsi Otak Kiri
Otak kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam
posisi anatomis (posisi frontal). Fungsi otak kiri adalah sebagai berikut: Perkembangan Intelegensi (intelligence
quotient (IQ)), Pusat perkembangan
logika dan rasio (seperti matematika), Berpikir sacara sistematis, Bahasa
verbal, Berpikir linear dan terstruktur, Berpikir analisis dan bertahap, Cara
berpikirnya short term memory (memory jangka pendek) Jika terjadi gangguan pada
otak kiri, maka yang terganggu adalah fungsi berbicara, bahasa dan matematika
Fungsi otak kanan dan otak kiri pada
manusia sebenarnya menyatu dalam satu kesatuan fungsi. Tetapi beberapa
penelitian menunjukkan bahwa, jika otak kiri aktif, maka otak kanan lebih
tenang, demikian pula sebaliknya. Kerja otak kanan dan otak kiri sebenarnya
saling mendukung, sebagaimana pentingnya fungsi memory jangka pendek dan memory
jangka panjang. Sehingga tidak bisa dikatakan, otak kanan lebih bagus dari otak
kiri, ataupun sebaliknya. Walaupun, pada sebagian orang, terkadang lebih
deminan menggunakan area otak tertentu. Penggunaan dominasi area otak tertentu
bagi individu, yang kemungkinan membedakan minat dan bakatnya.
B.
Latar Belakang
Brain Gym
Brain
Gym atau
senam otak adalah gerakan sederhana dengan menggunakan keseluruhan otak karena
merupakan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari sehingga belajar jadi riang
dan senang. Latar belakang Brain Gym dikembangkan berdasarkan Touch
for Health Kinesiology ( Sentuh agar sehat, dari ilmu tentang gerakan tubuh
). Ini adalah perpaduan ilmu pengetahuan barat yaitu tes otot dan sikap tubuh
dengan ilmu pengetahuan dari timur sehingga terdapat suatu metode pencegahan
dan penyembuhan penyakit yang sangat sederhana, efektif, alami dan murah.
Brain
Gym merupakan
inti dari Educational Kinesiology ( Edu K) yang berarti ”educare”menarik
keluar dan ”kinesis” ilmu tentang gerakan tubuh. Maka dengan Brain
Gym kita menarik keluar potemsi yang terpendam melalui gerakan tubuh.
Pelopor
Brain Gym adalah Paul E. Dennison,Ph.D, seorang pengembang Edu K,
memimpin Valley Remedial Group Learning mengembangkan teknik Brain Gym untuk
mengajari anak terbelakang, bersama dengan istrinya Gail Dennison, seorang
pendidik holistic health dan mantan penari.
C.
Manfaat Brain
Gym
Brain
Gym sangat
diperlukan bagi anak-anak yang sulit belajar, berusaha terlalu keras sehingga
terjadi stress di otak. Mekanisme integrasi otak melemah sehingga bagian-bagian
otak tertentu kurang berfungsi. Selain itu juga meningkatkan refleks karena
stress yang diakibatkan informasi yang diterima di otak bagian belakang sulit
diekspresikan melalui bagian depan otak, sehingga anak merasa kurang mampu.
Brain Gym diperlukan bagi anak yang perasaan kurang mampu dan kurang brehasil
mengakibatkan semangat belajar atau bekerja kurang, sehingga prestasi statis
atau menurun.
Maka dengan Brain
Gym, pikiran akan lebih jernih, hubungan antar manusia akan lebih rileks
dan senang, lebih semangat berkonsentrasi, anak akan kreatif dan efesien juga
lebih sehat dan prestasi belajar akan meningkat.
D.
Gerakan-gerakan Brain Gym
a.
Gerakan Silang
Gerakan ini
menyilang antara gerakan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri dan tangan
kiri bersamaan dengan kaki kanan. Bergerak ke depan, ke samping, ke belakang,
atau jalan di tempat. Untuk ”menyeberangi garis tengah” sebaiknya tangan
menyentuh lutut yang berlawanan.
Fungsi : Gerakan
menyeberangi ini membantu menggunakan kedua belahan otak secara bersamaan dan
harmonis.
b.
Angka 8 Tidur
Gerakan ini membuat
angka 8 TIDUR sebanyak 3 kali tiap tangan, kemudian 3 kali dengan kedua tangan.
Fungsi : Bagi
yang pelupa ( seperti lupa dengan apa yang hendak dikatakan atau membaca sampai
halaman berapa ).
c. Coretan Ganda
Cara melakukan gerakan :
Menggambar dengan kedua tangan pada saat yang sama, ke dalam, ke luar, ke
atas dan ke bawah. Coretan ganda dalam bentuk nyata seperti : lingkaran,
segitiga, bintang, hati, dsb. Lakukan dengan kedua tangan.
Fungsinya
:Kesadaran akan kiri dan kanan, memperbaiki penglihatan perifer, kesadaran akan tubuh, koordinasi, serta keterampilan
khusus tangan dan mata, serta memperbaiki kemampuan olahraga dan keterampilan
gerakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar