Pages

Selasa, 27 Mei 2014

FUNGSI ROOT ( android device )

Nama : Robbunallah Restu A
NIM   : 310111011831

Berkembangnya teknologi juga dituruti dengan berkembangnya gadget-gadget cangih, tidak hanya sebagai pembantu kegiatan sehari-hari. gadger bahkan dapat di anggap seagai kebutuhan primer yang harus dimiliki setiap individu, contohnya : handphone.
Selain itu banyak pula OS yang dimiliki handphone tersebut, android, ios, blackberry, symbian dll. kali ini saya akan memberikan sedkit informasi tentang ROOT pada handphone ber-OS android.
PENGERTIAN ROOT : Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, sytem, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android) Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua  yang ada didalam system handphone kita. Nge-ROOT artinya kita meng-Hack system  handphone supaya kita punya hak akses ke account ROOT tersebut, jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada handphone android (maupun yang berbasis linux lainya) yang kita punya. 
FUNGSI ROOT : Fungsi ROOT android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna smartphone android untuk dapat masuk ked lam sistem android. Dengan melakukan ROOT, Pengguna dapat menambah, mengurangi dan memodifikasi file-file atau dat-data yang terletak pada sistem android yang bila dalam keadaan standar (belum status ROOT) file-file tersebut tidak dapat diakses. Bila kita lihat dari sisi sistem operasi windows, ROOT memberikan hak administrator di dalam sistem tersebut.
A.      Kelebihan ROOT
1.       ROMS : Bagi sebagian orang tidak lengkap rasanya memiliki smartphone android tetapi masih menggunakan Stock ROM (sistem standar bawaan pabrik) dengan ijin akses ROOT kita dapat mengubah, mengedit maupun menghapus beberapa sytem yang di anggap tidak penting bagi penggunanya. Banyak ROM editan atau lebih dikenal dengan CUSTOM ROM, terutama pada forum XDA-DEVOLOPER yang memberikan banyak pilihan CUSTOM ROM mana yang ingin kita aplikasikan ke smartphone kita.
2.        APPS : Ada banyak aplikasi yang membutuhkan hak ROOT akses untuk penggunaan aplikasi tersebut. Karena aplikasi tersebut mungkin akan masuk kedalan sistem yang ada pada smartphone. contoh beberapa aplikasi yang membutuhkan hak ROOT.
a.       Blackmart : Untuk mendownload aplikasi berbayar yang ada di dalam Google Play. 
b.      Button Behavior : untuk mengantikan fungsi tombol back dan menu di smartphone
c.       Keyboard light : untuk mengatur nyala lampu keyboard fisik pada smartphone yang memiliki keyboard fisik.
d.      Terminal emulator : untuk dapat memberikan command seperti pada windows ( CMD )
Dan masih banyak lagi, saya hanya akan memberikan beberapa contoh.
3.       SPEED : kadang smartphone kita berasa lambat atau lag. Dengan memiliki hak ROOT kita dapat sedikit menaikan clock speed ( kecepatan processor) bawaan ke dalam kondisi maksimal, contoh : clock speed awal 1GHz dapat kita atur menjadi 1.1GHz atau 1.2GHz. tetapi cara ini dapat merusak sistem software maupun hardware karena memaksa kondisi smartphone.
4.       LOOKS : Tidak lengkap rasanya smartphone android tanpa perubahan tampilan pada tema maupun launcher, dengan hak akses ROOT, kita dapat melakukan perubahan pada interface smartphone, dengan cara mengedit maupun menambahkan beberapa sistem baru dalam smartphone yang sebelumnya tidak ada.
download bahan di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam