Pages

Sabtu, 31 Mei 2014

Merawat Laptop No. urut 21

Nama : Fredy Meytalia P.    3101 1101 1939
             M. Supiani                3101 1101 1793


Membawa laptop dengan benar
Salah satu keunggulan laptop adalah mobilitasnya atau kemudahan untuk dibawa ke mana- mana. Iya kan, tinggal dipeluk, ataupun ditenteng atau di gendong dalam tas. Namun ternyata untuk menjaga laptop agar awet, tahan lama, kita harus membawa laptop dengan hati hati. Kesalahan membawa laptop dapat meyebabkan lcd bergaris, bahkan mati.
Berikut ini adalah tips membawa laptop dengan baik dan benar.
•Pastikan laptop sudah mati, bukan dengan hanya menutup lid/lcd saja. Menutup lcd/lid itu kadang hanya men-set laptop ke keadaan sleep atau hibernate (sesuai setting-nya).
•Pastikan juga menutup lid dengan benar, tidak ada benda diantara lic lcd dan keyboard.
•Jika mau membawa notebook dengan tas, pastikan bagian bawah notebook menempel dengan punggung atau anggota badan lainnya. pasalnya, bagian bawah notebook lebih kuat menahan tekanan dibandingkan bagian LCD-nya.
•Jangan terlalu banyak membawa barang terlalu banyak bersamaan dengan notebook. Beban yang terlalu berat akan menekan layar dan bisa mengakibatkan kerusakan.
Menjaga Baterai Laptop agar tahan lama
Sebagai pendukung utama faktor mobilitas, Baterai laptop merupakan hal yang paling penting, Baterai sering dikeluhkan karena sering rusak dan tidak tahan lama.
•Always charge (selalu dicas), kalau ada sambungan listrik , lebih baik selalu di-cas. Jangan kuatir baterai kembung, untuk baterai laptop keluaran 2006 ke atas sudah otomatis kalau penuh maka listrik akan langsung ke laptopnya.
•Selaku gunakan baterai, maka kita akan mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya mati lampu atau tegangan yang tidak stabil. kita juga mengurangi kemungkinan CDC ya, kalau umur flashdis diukur dari write (banyak/seringnya menyimpan), umur baterai dihitung dari CDC (Charge DisCharge), Yang dihitung berdasarkan pengisian listrik ke baterai.
semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count CDC itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop
•Dalam mencharger baterai, sebenarnya urutan dari pemasangan charger juga perlu di perhatikan, hal ini agar masa pakai dari baterai laptop itu sendiri bisa panjang. Sedangkan urutan yang baik pertama-tama adalah memasang adaptor ke sumber listrik terlebih dahulu. Lalu setelah itu baru menghubungkan adaptor ke laptop.Demikian pula saat melepas charger itu, urutan yang baik adalah lepas terlebih dahulu kabel pada sumber arus. Setelah itu baru lepas kabel pada laptop atau device. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya arus pendek pada baterai secara langsung.


Merawat Keyboard Laptop
Keyboard merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada perangkat komputer maupun notebook atau laptop. Keyboard merupakan input device pada perangkat komputer atau notebook yaitu untuk menginput data-data berupa huruf, angka dan simbol-simbol terutama sekali untuk mengetik suatu tulisan pada komputer.
Berikut adalah tips sederhana merawat dan membersihkankeyboard notebook agar umurnya lebih panjang.
1.Sebelum membersihkan keyboard notebook sebaiknya matikan power notebook. Cabut charger dan lepaskan kabel-kabel USB yang masih menempel pada notebook sebelum dibersihkan.
2.Untuk metode pembersihan sederhana, bisa dimulai dengan memiringkan notebook ke depan. Tiup perlahan bagiankeyboardsupaya debu atau partikel-partikel kotoran yang menempel bisa terbuang.
3.Gunakan penyedot debu untuk menarik partikel debu atau kotoran yang masih tersisa di ataskeyboard. Jika tidak punya penyedot debu, bisa gunakan pengering rambut/hairdryeruntuk meniup kotoran yang tersisa.
4.Untuk mencegah debu kembali menempel, ada baiknya gunakankeyboard protectoryang biasanya terbuat dari bahan karet. Pelindung ini bisa mencegah kotoran atau debu masuk ke sela-sela tombol keyboard.
Merawat touchpad dengan benar
Touchpad mempunyai kendali penting di dalam laptop, Meskipun masih banyak termasuk saya masih menggunakan mouse USB.
Berikut tips agara touchpad awet :
•Usahakan jari kita dalam keadaan kering. Bila tangan dan jari kita sering berkeringat, sediakan tisu untuk sesekali mengelap jari. Sebab keringat mengandung garam sehingga akan mengurangi sensitivitas touchpad.
•Jangan menyentuh touchpad jika jari berminyak (biasanya lupa kalau setelah makan gorengan, dll), karena minyak akan merubah warna touchpad dan akan mengurangi senstivitas touchpad.
•Gunakan mouse usb jika pekerjaan kita membutuhan pergerakan pointer panah dan berpindah cepat.


Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala
Dampak yang ditimbulkan cukup besar, berdasarkan pengalaman teman saya. Setelah beberapa jam saja laptopnya ditaro diatas kasur, keesokan harinya adaptornya langsung rusak.
Hindari getaran elektromagnetik
Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.
Rapikan kabel-kabel yang terhubung
Sebisa mungkin kabel-kabel ke laptop itu harus tertata rapi, jangan sampai membuat orang lain tersandung lalu jatuh dan terluka kemudian menyalahkan anda. Bisa repot lagi urusannya.
Jangan menaruh benda diatas laptop
Apalagi benda yang berat, bisa" laptop anda langsung berpaling ke tukang service teknisi perbaikan laptop. Karena bisa merusak layar monitor.
Jangan mencoba pindah-pindahkan laptop saat masih hidup. (karena dia bisa jalan sendiri)
Itu ada penjelasannya, begini ceritanya : Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.
Jika laptop anda bermasalah, jangan coba-coba untuk mencoba betulkan sendiri. Lebih baik diserahkan ke tukang service terdekat. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalo masih garansi lalu anda membongkar laptop sendiri dan merusak sticker garansi yang masih ada pada laptop.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam