Pages

Selasa, 06 Mei 2014

Cara Menonton TV Yang Baik



Oleh Kelompok 9 :
Nurul Hidayati (310111011795)
Noorlella Sri Novianti (310111011834)

Cara Menonton TV Yang Baik

TV adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata Televisi adalah gabungan dari kata Tele (“jauh”) dari bahasa Yunani dan visio (“penglihatan”) dari bahasa Latin, sehingga televise dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yng menggunakan media visual/penglihatan.”
Penggunaan kata Televisi jua merujuk kepada “kotak televisi”, “acara televise”, ataupun “transmisi televisi”. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemjuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia “televise” secara tidak formal sering disebut dengan TV.
Semua tau, di zaman sekarang keberadaan TV sangat di butuhkan untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, hiburan dan lain-lain.
Sebagai seorang yang muda, beda dan membahana, bukankah kita punya keinginan untuk bisa mencari uang sendiri dan membeli sebuah TV dari hasil kerja diri sendiri, yang mana nanti kita bisa gunakan TV itu untuk menonton acara kesayangan dan ditaruh di kamar sendiri.


  •  Nyalakan TV dengan menekan tombol stand by di remot perlahan-lahan dan penuh kasih sayang. (Usahakan lakukan senam pramuka sebelum menekan tombol stand by di remot, agar persendian pada jari-jari tangan tidak mengalami keram)


  •  Menontonlah dari jarak yang aman. Jarak menonton televisi yang ideal adalah lima kali diagonal layar televisi. Misal, ukuran diagonal televisi adalah 21 inci maka jarak amannya = 5 x 21 inci yaitu 105 inci atau 2,56 meter. Jadi, semakin besar ukuran diagonal layar televisi, maka jarak pandang terdekatnya bertambah jauh. Jarak pandang ini membuat mata menjadi relaks, lensa mata tidak perlu bekerja keras menangkap gambar. Bila lensa mata terus menerus bekerja keras, lensa mata menjadi cembung sehingga lama kelamaan anda membutuhkan kacamata.

Tren yang terjadi di masyarakat adalah membeli tv sebesar-besarnya demi gaya di mana ruang menonton sangat kecil akibat harga rumah/apartemen yang mahal. Orang beli tv 29 inch tetapi jarak nonton hanya 2 meter saja sehingga membawa resiko tinggi menyebabkan rabun jauh bagi para penontonnya.

  •   Atur posisi nyaman ketika menonton TV. Jangan menonton TV sambil menoleh atau menengadah yang dapat membuat tulang leher sakit.


  •   Jangan menonton TV dengan posisi tiduran. Posisi tubuh miring mempengaruhi posisi mata yang tidak fokus ke arah televisi, sehingga akan mengalami kerusakan mata pada jangka panjang.


  •  Menontonlah di ruangan yang terang, minimal sama terangnya dengan cahaya yang keluar dari televisi. Jangan membuat ruangan menjadi redup atau gelap karena pupil anda akan memaksa untuk membesar dan akibatnya mata anda akan menjadi cembung.

  • Berkediplah sesering mungkin saat menonton TV untuk menghindari dry eye (mata kering). Ketika berkedip, kelenjar yang berada di kelopak mata akan memproduksi air mata yang penting untuk melindungi mata dan membuat mata tidak kering.
  • Batasi lamanya menonton TV, karena bila terlalu lama selain dapat membuat mata menjadi lelah, kesehatan tubuh pun dapat terganggu akibat kurang bergerak, kurang bersosialisasi, terlalu banyak ngemil.
  • Pada saat TV sudah menyala atau stand by, jangan pernah sekali-kali kamu tinggalin TV kamu, itu adalah tindakan pemborosan energi, dan dapat memicu pemanasan global, meskipun kamu hanya pergi sebentar, entah ke kamar mandi, mengambil cemilan, atau mengambil minuman.
  • Jangan menonton TV sambil update status, sesungguhnya itu adalah perbuatan boros energi. Karena energi orang-orang yang berada di acara TV sia-sia karena kamu tidak menontonnya. Lebih baik matikan saja TVnya.
  • Hindari menonton TV sambil makan atau minum karena dapat membuat kita tidak akan menyadari apa saja dan berapa banyak makanan dan minuman yang telah dikonsumsi, dimana hal ini akhirnya dapat membuat berat badan bertambah tanpa disadari.
  • Jika tidak menemukan acara yang sesuai dengan keinginan, sebaiknya matikanlah TV, karena dengan memaksakan menonton acara yang mungkin menurut anda tidak berkualitas, maka hanya akan membuat jengkel.
  • Jangan sekali-kali kamu menonton TV dengan membelakangi layar TV, selain acara TV jadi tidak kelihatan, ini juga merupakan perbuatan yang agak bodoh.
  •  Bila sudah habis waktu menonton TV, jangan lupa agar TV dimatikan dengan perlahan-lahan, lembut dan penuh kasih sayang, biasakan ucapkan selamat tinggal dan kesan-kesan yang diberikan oleh TV saat kamu akan mematikan TV. Ini untuk menjaga keharmonisan antara TV dan pemiliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam