Pages

Jumat, 23 Mei 2014

Posisi Tidur Baik dan Buruk Bagi Kesehatan


POSISI TIDUR


Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda dan tidaklah jarang pertanyaan  posisi tidur seperti apa yang paling tepat dan terbaik untuk kesehatan muncul di dalam  benak beberapa orang. Posisi tidur ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur dan kesehatan Anda, terutama pada tulang. Posisi tidur yang salah bisa membuat postur tubuh bungkuk, tulang bengkok bahkan mengganggu kesehatan jantung.
      Berbagai macam posisi tidur yang paling populer di praktekkan bagi semua orang pada saat tidur.




    A.       Posisi Tidur Yang Salah Bagi Kesehatan

1.       Posisi Tidur Tengkurep


Tidur dengan perut anda atau tidur tengkurap adalah posisi tidur yang tidak tepat dan buruk untuk anda. Posisi ini akan membuat berbagai persendian dan perut anda merasa tertekan yang mengarah ke iritasi saraf, rasa sakit, dan kesemutan.

Keuntungan : Baik untuk mengurangi dengkuran
Kerugian : Buruk untuk leher dan punggung, menyebabkan kerutan prematur, dan kendurnya payudara bagi wanita.

2.       Posisi Tidur Melengkung atau Menggulung

Posisi tidur ini menyerupai tidur menyamping, hanya saja posisi ini menyerupai janin dalam kandungan dengan lutut menekuk dan kepala mendekati dada.

Keuntungan : Baik untuk mengurangi dengkuran, membantu tidur berkualitas saat hamil.
Kerugian : Buruk untuk leher dan punggung, menghalangi pernapasan diafragma, mempercepat terjadinya kerutan prematur, mempercepat kendurnya payudara bagi wanita




     B.      Posisi Tidur yang Benar Bagi Kesehatan

1.       Posisi Tidur Telentang

            

Tidur telentang akan membantu kepala, leher, dan tulang belakang anda untuk berada dalam posisi yang alami. Anda tidak memaksa tulang belakang atau punggung anda untuk melengkung. Pada saat seseorang menempelkan mukanya ke bantal selagi ia tidur sebenarnya hal itu akan mempercepat proses kerutan dimuka, dengan tidur terlentang maka seseorang mencegah terjadinya kerutan prematur dan bagi wanita payudara anda akan terpompang secara alami, mencegah cepat kendor, melalui berbagai keuntungan ini maka dapat dikatakan posisi tidur yang paling baik dan tepat untuk kesehatan anda adalah tidur telentang namun berhati-hatilah dengan dengkuran yang keras.


Keuntungan : Baik untuk mencegah sakit leher dan punggung, mencegah naiknya asam lambung, mencegah kerutan prematur, memelihara payudara agar tetap kencang.
Kerugian : Buruk untuk tidur telentang membuat seseorang mendengkur lebih keras dari biasanya.




2.       Posisi Tidur Menyamping


Secara keseluruhan, tidur menyamping sebenarnya baik untuk kesehatan. Ia membantu mengurangi dengkuran, membuat tulang belakang anda bertumbuh lebih panjang, mencegah naiknya asam lambung, dan sangat baik untuk wanita yang sedang hamil karena membantu memperlancar aliran darah. Sayangnya, dampak negatif dari tidur menyamping sangat buruk untuk kecantikan khususnya wanita. Apabila seseorang tidur menyamping, sebagian mukanya pasti akan menempel ke bantal ataupun ranjang dan hal itu akan mempercepat munculnya kerutan prematur. Efek negative lainnya berdampak bagi wanita, payidara anda akan menggantung ke bawah.

Keuntungan : Baik untuk mencegah sakit leher dan punggung, mencegah naiknya asam lambung, mencegah dengkuran, membantu tidur berkualitas saat kehamilan
Kerugian : Buruk untuk Kulit dan kendurnya payudara bagi wanita.

 Presentasi Ke- 17
Nama : Muhammad Rahman Suhendra 
Nim    : 310111011887

Nama : Danang Hermawan
Nim    : 310111011879

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kampus Banjarbaru

Kampus Banjarbaru

Kampus Pangeran Antasari

Kampus Pangeran Antasari

Total Tayangan Halaman

Kampus Sultan Adam

Kampus Sultan Adam